Wednesday, April 10, 2013

Baleno Ndut-Ndut an atau Nyendal-nyendal


Banyak sekali pemakai Baleno yg mengeluhkan kalau penyakit Baleno adalah ndut-ndut an dan itu susah disembuhkan karena katanya penyakit keturunan. Perlu diketahui kalau penyakit tersebut adalah karakter dari mobil yg bermesin injeksi, memang tiap merek dan tipe berbeda beda kadar nya. Selain itu gaya mengemudi dengan kebiasaan menggunakan gigi rendah (gigi 3 & 4) pada kecepatan rendah atau pada putaran mesin dibawah 2500rpm, sudah dipastikan akan mengakibatkan mobil ndut ndutan kalau pedal gas diinjak secara mendadak. Penyebab lainnya adalah kondisi pasokan bahan bakar dan pengapian yang sudah kurang baik atau ada masalah pada bagian tersebut.
Sebenernya dengan melakukan perawatan berkala hal tersebut tidak akan terjadi atau paling tidak gejala tersebut bisa dikurangi. Berikut akan Saya sampaikan service apa saja yg harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini :
  1.  Tune Up berkala tiap 10.000km, ganti filter bensin, busi dan filter udara kalau memang sudah dalam kondisi tidak baik. Pergunakanlah busi yg benar, untuk Baleno 1600cc menggunakan tipe busi K20PU (Denso), untuk Baleno 1500cc th 2000 – 2002 menggunakan busi tipe BKR6E (NGK) dan untuk Baleno Next G serta Neo Baleno, menggunakan busi tipe BKR6E11.
  2.  Kuras lah tangki bensin secara teratur paling tidak 1 tahun  satu kali. Ganti filter fuel pump apabila kondisinya sudah kurang baik. Cek kondisi fuel pump lebih bagus cari bengkel yg mempunyai alat fuel presure tester
  3. Cucilah injector secara berkala tiap 40rb km, karena semburan injector yg tidak rata bisa mengakibatkan pembakaran diruang bakar tidak sempurna dan akhirnya mesin menjadi pincang atau ndut ndutan.
Nah, demikian lah, problem yang sering terjadi, apalagi klo ada Baleno Lovers, yang baru mendapatkan Baleno dengan kondisi Second, sehingga tidak tau apa yang terjadi dengan Baleno-nya. Dengan membaca artikel ini diharapkan pengguna baleno dapat senyaman mungkin menggunakan Baleno nya ^o^. (Ajad)

7 comments:

  1. makasih banget infonya gan...sangat berguna sekali.

    ReplyDelete
  2. baleno sy ganti busi pake iridium ..udh 10rb km moncer terus ga ndut2an lg

    ReplyDelete
  3. misi om momod... ane baru angkat baleno 1997... dan ngalamin masalah yang sama... ane dapat pencerahan disini... tapi ane ada referensi yang membingungkan suhu untuk type busi yang dipakai di Baleno '97

    http://www.teknisimobilsuzuki.org/2011/04/busi-standar-untuk-mobil-suzuki_13.html

    ReplyDelete
  4. makasih atas informasinya, saya jd dapat pelajaran berharga mengenai permasalahan suzuki baleno

    ReplyDelete
  5. mas.. mau tanya.saya ada baleno th 2000 kenapa ya kalo lagi jalan rpm suka drop tapi di start kembali gampang hidupnya.. apa lagi kalo.lagi jalan jauh.. tapi kalo lagi di panasin pagi tidak ada masalah... mohon sarannya ma. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Punya saya juga gitu om.. Ndut ndut nyendat nyendat... Apalagi kalau di jalan agak nanjak.. Repot banget

    ReplyDelete
  7. Halo om semua..
    Baleno 97 punya tmn..
    Gak mau d gas saat RPM rendah,dan bila kabel busi no 2 & 3 d cabut satu persatu kaya gk ad pmbkran,tenaga jg hilang,tp kalo RPM tinggi gk brebet,jd saat Aksekerasi sangat tidak enak,krna pda saat gas pertma malah kyak mau mati,
    Mohon pencerahan,terimakasih

    ReplyDelete

Terima Kasih