Wednesday, April 10, 2013

Baleno Ndut-Ndut an atau Nyendal-nyendal


Banyak sekali pemakai Baleno yg mengeluhkan kalau penyakit Baleno adalah ndut-ndut an dan itu susah disembuhkan karena katanya penyakit keturunan. Perlu diketahui kalau penyakit tersebut adalah karakter dari mobil yg bermesin injeksi, memang tiap merek dan tipe berbeda beda kadar nya. Selain itu gaya mengemudi dengan kebiasaan menggunakan gigi rendah (gigi 3 & 4) pada kecepatan rendah atau pada putaran mesin dibawah 2500rpm, sudah dipastikan akan mengakibatkan mobil ndut ndutan kalau pedal gas diinjak secara mendadak. Penyebab lainnya adalah kondisi pasokan bahan bakar dan pengapian yang sudah kurang baik atau ada masalah pada bagian tersebut.
Sebenernya dengan melakukan perawatan berkala hal tersebut tidak akan terjadi atau paling tidak gejala tersebut bisa dikurangi. Berikut akan Saya sampaikan service apa saja yg harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini :
  1.  Tune Up berkala tiap 10.000km, ganti filter bensin, busi dan filter udara kalau memang sudah dalam kondisi tidak baik. Pergunakanlah busi yg benar, untuk Baleno 1600cc menggunakan tipe busi K20PU (Denso), untuk Baleno 1500cc th 2000 – 2002 menggunakan busi tipe BKR6E (NGK) dan untuk Baleno Next G serta Neo Baleno, menggunakan busi tipe BKR6E11.
  2.  Kuras lah tangki bensin secara teratur paling tidak 1 tahun  satu kali. Ganti filter fuel pump apabila kondisinya sudah kurang baik. Cek kondisi fuel pump lebih bagus cari bengkel yg mempunyai alat fuel presure tester
  3. Cucilah injector secara berkala tiap 40rb km, karena semburan injector yg tidak rata bisa mengakibatkan pembakaran diruang bakar tidak sempurna dan akhirnya mesin menjadi pincang atau ndut ndutan.
Nah, demikian lah, problem yang sering terjadi, apalagi klo ada Baleno Lovers, yang baru mendapatkan Baleno dengan kondisi Second, sehingga tidak tau apa yang terjadi dengan Baleno-nya. Dengan membaca artikel ini diharapkan pengguna baleno dapat senyaman mungkin menggunakan Baleno nya ^o^. (Ajad)

12 comments:

  1. makasih banget infonya gan...sangat berguna sekali.

    ReplyDelete
  2. baleno sy ganti busi pake iridium ..udh 10rb km moncer terus ga ndut2an lg

    ReplyDelete
  3. misi om momod... ane baru angkat baleno 1997... dan ngalamin masalah yang sama... ane dapat pencerahan disini... tapi ane ada referensi yang membingungkan suhu untuk type busi yang dipakai di Baleno '97

    http://www.teknisimobilsuzuki.org/2011/04/busi-standar-untuk-mobil-suzuki_13.html

    ReplyDelete
  4. makasih atas informasinya, saya jd dapat pelajaran berharga mengenai permasalahan suzuki baleno

    ReplyDelete
  5. mas.. mau tanya.saya ada baleno th 2000 kenapa ya kalo lagi jalan rpm suka drop tapi di start kembali gampang hidupnya.. apa lagi kalo.lagi jalan jauh.. tapi kalo lagi di panasin pagi tidak ada masalah... mohon sarannya ma. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Punya saya juga gitu om.. Ndut ndut nyendat nyendat... Apalagi kalau di jalan agak nanjak.. Repot banget

    ReplyDelete
  7. Halo om semua..
    Baleno 97 punya tmn..
    Gak mau d gas saat RPM rendah,dan bila kabel busi no 2 & 3 d cabut satu persatu kaya gk ad pmbkran,tenaga jg hilang,tp kalo RPM tinggi gk brebet,jd saat Aksekerasi sangat tidak enak,krna pda saat gas pertma malah kyak mau mati,
    Mohon pencerahan,terimakasih

    ReplyDelete
  8. Saya punya Baleno 97 hampir tdk ada masalah, ndut2 biasa yg jelas bisa digeber pada angka 120, konsumsi BBM sangat irit, hampir gak percaya , saya dari kota Bengkulu menuju Jambi di kota lubuk Linggau baru jarum minyak bergerak, ane kira ukuran jarum minyak bermasalah ternyata tidak, jadi untuk Baleno say memang benar2 irit, dah banyak yg mau meminang, tapi gue sayang bamget

    ReplyDelete
  9. Pengaruh tidak ya apabila di isi bensin pertalite penyakit endut2 akan hilang, SDH ada yg mencb

    ReplyDelete
  10. Baleno saya tahun 97, penyakitnya ndut2 ketika di rpm 2500 ke atas..saya coba ganti PCV tpi masih saja..jadi kalau jalan pake gigi 3,4&5..rpm tinggi tenaga hilang mohon batua nya...

    ReplyDelete
  11. itu dikarenakan busi bsah oli, sehingga busi biasa pengapian terganggu krn ada oli. solusinya pake busi platinum, insya Alloh sembuh

    ReplyDelete
  12. Saya habis service,cuci tangki baru berasa ndut2 an..rencana mau d Bawak lagi knmecanik..tq mas,info nya...salam BCI.

    ReplyDelete

Terima Kasih